Rabu, 09 September 2020

TEORI BELAJAR BEHAVIOURISM " JOURNAL 1"

    
        Belajar menurut teori behaviourism adalah suatu proses timbal balik perilaku akibat adanya interaksi stimulus ( rangsangan ) dan respon ( tanggapan ). Seperti halnya siswa yang memberikan tanggapan pada pengalaman baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon.
        
         Terdapat 3 tokoh dalam teori belajar behaviourism, yaitu 

  1.  Edward  Lee Thorndike ( 1874 - 1949 )

        Teori belajar Thorndike sering disebut dengan teori koneksionisme atau teori asosiasi. Thorndike melakukan percobaan dengan memasukkan kucing lapar ke dalam sangkar ( puzzle box ) guna mengetahui tercapainya hubungan antara stimulus dan respon, untuk memunculkan respon yang tepat diperlukan percobaan ( trials ) dan kegagalan ( errors ) terlebih dahulu. 
        Percobaan dilakukan dengan meletakkan kucing lapar pada sangkar tertutup yang terdapat lonceng gantung sebagai pengunci sangkar. Untuk bisa memakan makanan yang berada diluar sangkar, kucing harus menarik lonceng tersebut agar bisa makan. Dari percobaan yang dilakukan, makanan berfungsi sebagai stimulus dan lonceng yang ditarik sebagai responnya. Teori tersebut membentuk dasar trials and error learning atau selecting and conecting learning.

Pengetahuan: TEORI BELAJAR DARI EDWARD LEE THORNDIKE (PDF)

Tambhttps://www.nicepng.com/ourpic/u2e6r5o0a9q8y3i1_caja-rompecabezas-de-thorndike-ley-del-efecto-de/ahkan teks


    2.  Burrhus Frederic Skinner ( 1904 - 1990 )

          Skinner meyakini bahwa perilaku dikontrol melalui proses operant conditioning, Ia melakukan percobaan dengan memasukkan tikus lapar ke dalam skinner box.  Tikus yang kelaparan berusaha untuk keluar dari box dan tanpa sengaja menekan tombol sehingga makanan keluar. Seiring berjalannya waktu makanan diberikan secara bertahap sesuai peningkatan perilaku yang ditunjukkan, proses ini disebut shaping. Teori tersebut menyatakan bahwa unsur terpenting dalam belajar adalah penguatan ( reinforcement ). Penguatan dibagi menjadi dua, yaitu penguatan positif sebagai stimulus ( pengulangan tingkah laku ) dan penguatan negatif ( perilaku berkurang ).

https://www.simplypsychology.org/skinner%20box.jpg
https://www.simplypsychology.org/skinner%20box.jpg

         3. Ivan Petrovich Pavlov ( 1849 - 1936 )

              Pavlov mempelopori munculnya proses kondisioning responden ( respondent conditioning ) atau kondisioning klasik ( clasiccal conditioning ). Pavlov melakukan pengamatan terhadap seekor anjing, apabila daging diletakkan didekat mulut anjing yang lapar maka air liurnya akan keluar secara otomatis karena terjadi rangsangan meskipun tanpa latihan. dalam hal ini daging disebut stimulus yang tak di kondisikan ( unconditioned stimulus ) dan air liur sebagai respon yang tak dikondisikan ( unconditioned response ). Percobaanya adalah menggabungkan stimulus netral ( menggunakan bel ) dengan unconditioning stimulus dan dilakukan secara berulang - ulang akan menghasilkan stimulus terkondisikan dengan kekuatan yang sama. Proses ini dinamakan clasiccal conditioning.


https://science.howstuffworks.com/innovation/scientific-experiments/hypothesis.htmTambahkan teks


            Dari ketiga Teori Behaviourism diatas, menjelaskan bahwa tingkah laku dapat mengalami perubahan sesuai dengan bagaimana diberikannya stimulus dan bagaimana respon yang dihasilkan sehingga menjadikannya sebuah kebiasaan. Di Indonesia sendiri hal yang paling mudah dicontohkan adalah guru sebagai stimulus dan siswa sebagai responden, tetapi apakah antara stimulus dan respon yang di dapat sudah seimbang ? melihat keadaan yang ada dimana siswa masih pasif dalam merespon stimulus yang diberikan oleh guru sehingga terjadi ketidak seimbangan interaksi dalam kelas 

        Saya berharap kedepannya di Indonesia dapat menerapkan konsep pembelajaran teori behaviourism yangmana dapat melatih terbentuknya tingkah laku yang baik dengan diberikannya reward dan punishment sebagai timbal balik apa yang dikerjakkan oleh siswa. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MIND MAP 21st CENTURY SKILL'S